WAWASAN NUSANTARA

Posted: Mei 13, 2013 in Uncategorized
  • PENGERTIAN WAWASAN NUSANTARA

Wawasan nusantara adalah suatu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap tanah airnya dan selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan dari seluruh aspek yang terdapat dalam negara tersebut mencapai suatu tujuan yang nasional.

  • PENGERTIAN PEMBATASAN INDONESIA DARAT MAUPUN UDARA DENGAN NEGARA LAIN

Pada dasarnya negara memiliki perbatasan dengan negara lain, sebab dengan perbatasan dapat mengetahui negara yang satu dengan negara yang lain berikut perbatasan negara baik laut maupun darat :

# Perbatasan laut dengan negara tetangga :

Perbatasan Indonesia – Singaura

Kepulauan Riau yang terletak di indonesia yang memiliki perbatasan langsung dengan Singapura sejak tahun 1970, perbatasan tersebut sering disebut sebagai batas maritim. Perbatasan laut di Kepulauan Riau sudah mengalami kerusakan karena penambangan pasir laut. Kegiatan penambangan yang terjadi telah mengakibatkan kerusakan ekosistem juga dapat mengancam pulau kecil dipertambangan tersebut yang pastinya akan merugiakan bagi Indonesia dan dari perubahan tersebut akan mengubah kondisi geografis pantai yang berdampak pada penentuan maritim dengan Singapura di kemudian hari.

Perbatasan Indonesia – Malaysia

Hingga saat ini perbatasan wilayah perairan Selat Malaka dari kedua negara masih tidak jelas, karena ketidak jelasan tersebut sering sekali terjadi permasalahan. Permasalahan tersebut adalah masalah pelintas batas, penebangan kayu ilegal, dan penyelundupan. Untuk menyelesaikan permasalahan pada Indonesia-Malaysia maka terciptalah Forum General Border Committee (GBC) dan Joint Indonesia Malaysia Boundary Committee JIMBC) untuk mengoptimalkan perbatasan tersebut.

Perebatasan Indonesia – Filipina

Indonesia – Pilipina juga membuat suatu Forum RI Filipina yakni Joint Border Committee (JBC) dan Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan secara bilateral karena belum adanya kesepakatan batas maritim dari perairan utara dan selat Pulau Miagas dari kedua Negara.

Perbatasan Indonesia – Australia

Indonesia – Autralia memiliki suatu perjanjian batas landas kintinen dan batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) yang ditandatangani pada 14 Maret 1997.

Perbatasan Indonesia – Papua Nugini

Indonesia – PNG juga memiliki perbatasan darat yang disepakati bersama, meskipun dari keduanya memiliki persamaan tapi karena adanya sedikit perbedaan yang menyebabkan klaim dari hak-hak tradisional.

Perbatasan Indonesia – Vietnam

Dari kedua negara ini yang memiliki ketidaksamaan pemahaman yang mengakibatkan kedua negara harus melakukan perundingan untuk menentukan batas landas kontinen di wilayah Pulau Sekatung Natuna dan Pulau Condore yang berada di Vietnam.

Perbatasan Indonesia – India

Indonesia dan India memiliki perbatasan yang terletak antara pulau Rondo di Aceh dan pulau Nicobar di India, yang telah disepakati oleh kedua negara tersebut.

 Perbatasan Indonesia – Thailand

Dilihat dari segi geografisnya perbatasan Indonesia dan Thailand cukup jauh, dan juga Thailand juga telah memiliki perjanjian landas kontinen yang terletak di dua titik koordinat di kawasan Selat Malaka bagian Utara dan Laut Andaman.

Perbatasan Indonesia – Republik Pulau

Dari kedua negara tersebut yang belom mengenal batas perairan ZEE pulau dengan ZEE Indonesia yang berada di Utara Papua.  

Perbatasan Indonesia – Timor Leste

Indonesia dan Timor Leste sebenarnya masih memiliki persamaan yang sentifik, Timor Leste yang saat ini masih menggunakan mata uang rupiah, memakain bahasa Indonesia serta masih berinteraksi sosial terhadap masyarakat Indonesia. Dari persamaan tersebut, maka terjadi permasalah yang cukup komplek, seperti dapat menyebabkam pengkaliman terhadap hak-hak tradisional.

# Perbatasan darat Indonesia dengan negara tetangga:

Indonesia – Malaysia

Perbatasan Indonesia – Malaysia sering terjadi pelanggaran, pelanggaran tersebut sering sekali dilakukan oleh negara Malaysia diantaranya berupa pemindahan titik-titik batas wilayah di Kalimantan Barat, pemindahan patok batas terjadi di sektor tengah, Utara Gunung Mumbau, Taman Nasional Betung Kerihun Kecamatan Putu Sibau dan Kabupaten Kapuas Hulu. Selain pelanggaran tersebut, ada juga pelanggaran yang lain seperti penebangan kayu ilegal, dan penyelundupan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka dilakukkan penetapan garis batas dari kedua negara selat malaka dan laut cina selatan yang ditandatangani tanggal 27 oktober 1969 yang diratifikasi melalui Keppres No.89 tahun 1969 tanggal 5 November 1969/ LN No.54 dengan nama perjanjian Agreement between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of Malaysia Relating to the Delimitation of the Continental Shelves between the Two Countries.

Indonesia – Papua Nugini

Dari kedua negara tersebuta yaitu Indonesia dan Papua Nugini telah menyepakati batas-batas wilayah, agar tidak terjadi permasalahan dari kedua Negara.

Indonessia – Timor Leste

Sebenarnya Timor Leste masih sering mengikuti budaya Indonesia karena kesamaan budaya yang dulunya menjadi satu. Karena Timor Leste yang ingin memisahkan diri dari Indonesia maka terjadilah perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

  • ARTI KEPULAUAN BAGI BANGSA INDONESIA

Indonesia adalah suatu negara maritim atau negara kepulauan terbesar didunia, dari satu pulau kepulau lainnya yang dipisahkan dengan lautan, biarpun negara Indonesia terpisah dengan pulau yang satu dengan yang lain Indonesia tetap satu dalam bahasa bangsa yang bersatu dan yang memiliki banyak suku suku budaya didalamnya. Nenek moyang kita yang dulunya adalah seorang pelaut yang berlayar dengan orang-orang Nusantara yang menjelajahi lautan dan mengadakan kontak dan interaksi dengan pihak luar. Indonesia merupakan negara maritim yang mempunyai banyak pulau, luasnya laut menjadi modal utama untuk membangun bangsa ini. Indonesia adalah “Negara kepulauan”, Indonesia adalah “Nusantara”, Indonesia adalah “Negara Maritim” dan Indonesia adalah “Bangsa Bahari”,”Berjiwa Bahari” serta “Nenek Moyangku Orang Pelaut” bukan hanya merupakan slogan belaka. Laut dijadikan ladang mata pencaharian, laut juga dijadikan sebagai tempat menggalang kekuatan, mempunyai armada laut yang kuat berarti bisa mempertahankan kerajaan dari serangan luar. Melihat bagaimana kejayaan masa lampau diperoleh karena mengoptimalkan potensi laut sebagai sarana dalam suksesnya perekonomian dan ketahanan politik suatu negara, maka menjadi suatu hal yang wajar bila sekarang ini Indonesia harus lebih mengembangkan laut demi tercapianya tujuan nasional. Indonesia menyandang predikat “Negara Maritim” atau negara kepulauan.

  • KONDISI-KONDISI YANG MEMBAHAYAKAN KEUTUHAN WILAYAH    INDONESIA

           Pulau-pulau terluar biasanya adalah daerah terpencil, miskin bahkan tidak berpenduduk dan jauh dari perhatian pemerintah. Keberadaan pulau-pulau ini secara geografis sangatlah strategis, karena berdasarkan pulau inilah batas negara kita ditentukan. Pulau-pulau ini seharusnya mendapatkan perhatian dan pengawasan serius agar tidak menimbulkan permasalahan yang dapat menggangu keutuhan wilayah Indonesia, khususnya pulau yang terletak di wilayah perbatasan dengan negara negara yang tidak/ belum memiliki perjanjian (agreement) dengan Indonesia. Ada beberapa kondisi yang membahayakan keutuhan wilayah jika terjadi pada pulau-pulau terluar, diantaranya :
1. Hilangnya pulau secara fisik akibat abrasi, tenggelam, atau karena kesengajaan manusia.
2. Hilangnya pulau secara kepemilikan, akibat perubahan status kepemilikan akibat pemaksaan militer pada kasus berpindahnya status kepemilikan Sipadan dan Lagitan dari Indonesia ke Malaysia. 3. Hilang secara sosial dan ekonomi, akibat praktek ekonomi dan sosial dari masyarakat di pulau tersebut. Misalnya pulau yang secara turun temurun didiami oleh masyarakat dari negara lain

  • PROVINSI YANG KE-34 DARI NEGARA REPUBLIK INDONESIA

              DPR RI akhirnya mensahkan provinsi ke-34 di Indonesia, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dalam rapat paripurna DPR di gedung DPR Jakarta, Kamis (25/10/2012). Provinsi Kaltara satu dari 5 daerah otonom baru yang disahkan Dewan.

WILAYAH Kalimantan Utara selama ini sangat identik dengan kawasan Sabah dan Sarawak yang merupakan wilayah negara bagian di Malaysia. Karena itu, di dalam peta Indonesia, wilayah tersebut selalu diberi warna putih. Namun, sebutan Kalimantan Utara tampaknya akan segera dikoreksi jika keinginan sejumlah pemerintah daerah, yakni Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, dan Kota Tarakan, yang sepakat untuk memisahkan diri dari Provinsi Kalimantan Timur, terpenuhi. Mereka ingin membentuk Provinsi Kalimantan Utara yang tentu tidak berada dalam wilayah “putih” peta sekarang.

SUMBER :

http://dillahexclusive.blogspot.com/2012/03/pengertian-wawasan-nusantara.html
http://rizkiamaliafebriani.wordpress.com/2012/06/09/batas-wilayah-darat-dan-laut-indonesia-dengan-negara-lain/
http://danangsucahyo.blogspot.com/2013/01/eksistensi-indonesia-sebagai-negara.html
http://www.geomatika.its.ac.id/lang/id/archives/774
http://infokalimantanutara.blogspot.com/2011/02/provinsi-kalimantan-utara-terbentuk.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s