TUGAS 2 – ETIKA PROFESI (WAHYUDI-37412650-4ID04)

Posted: April 30, 2016 in Uncategorized

SARJANA TEKNIK INDUSTRI KUALITAS, TANTANGAN, DAN PROSPEKNYA

DALAM ERA PERDAGANGAN BEBAS1

Industri Indonesia, termasuk dunia perdagangannya yang mengalami perubahan suasana dari tahun ke tahun mulai dari awal tahun 1960-an, lalu sejak zaman Orde Baru sudah dibebaskan lalu lintas perdagangan untuk ekspor-impor selama periode 1969-1984. Sejak 1985 maka suasananya dirubah dengan adanya kebijaksanaan ekspor secara besar-besaran. Pada tahun 1984-1987 yang oleh penulis sering kali dijuluki sebagai periode konsolidasi sistem nasional, yang dalam kurva pertumbuhan ekonomi Indonsia diperlihatkan dengan adanya suatu plateau, telah diadakan berbagai deregulasi, de-etatisasi, de-birokratisasi, dan de-regulasi, mempersiapkan sistem nasional untuk bisa dengan tangguh memasuki era orientasi pasar internasional (globalisasi).

Persaingan yang keras dalam era perdagangan bebas saat ini sudah beraneka ragam, mulai dari persaingan sempurna, tak sempurna, oligopoly, dan monopoli. Semua bentuk persaingan ini sudah ada di Indonesia dan mereka ada di semua sektor, baik sector perdagangan, sector industri, sector pertanian, sector perhotelan, sector transportasi, maupun dalam sector pemerintahan. Sektor informal dalam pemerintahan bentuknya adalah adanya petugas-petugas yang sebenarnya bukan pegawai pemerintah, tetapi bertugas atas otorisasi informal dari petugas resmi untuk melakukan berbagai tugas resmi. Dan dasarnya adalah prinsip bagi hasil.

Kondisi dunia industry biasanya di proteksi yang berlebihan oleh pemerintah untuk masa depan akibat adanya perdagangan bebas antar Negara. Menghadapi perdagangan bebas pemerintah melakuka cara yaitu hasil produk atau jasanya harus memenuhi persyaratan internasional, seperti ISO 9000 – an, ISO 12000-an, atau ISO 16000-an, dsb. Lalu, harga jualnya harus bersaing di tempat pasarnya, yaitu mempunyai keungulan harga jualnya. Harga jual ini sudah termasuk biaya transportasi ke tempat. Dan harus dipenuhi ketepatan waktu penyerahan sesuai dengan perjanjian, bahkan yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa pelayanan teknis pasca jualnya juga harus berdaya saing agar tidak mudah dikalahkan oleh pesaing.

Kualifikasi yang diperlukan di era perdangan bebas harus dilakukan dengan memiliki  kreativitas yang tinggi. Keberanian untuk masuk ke masalah tak dikenal. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan tingkat dunia. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Menghargai waktu dan prestasi. Tidak terikat pada masa lalu. Berkemampuan manajerial bidangnya. Mampu memakai informasi dunia. Kuat memakai komputer. Mampu bekerjasama dalam tim. Dengan memenuhi semua kualifikasi di atas maka si sarjana teknik industri akan bisa memasuki kegiatan inovasi, invention dan bahkan penelitian dasar sekalipun. Perusahaan seharusnya melakukan perubahan pembudayaan, untuk membentuk karakter para generasi bangsa untuk menjadi pakar tinggi di bidangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s