TUGAS 3- ETIKA PROFESI (WAHYUDI-37412650-4ID04)

Posted: April 30, 2016 in Uncategorized
  1. Apa sebenarnya kepakaran dari seorang sarjana teknik industri ?

Jawab:

Kepakaran yang dimiliki seorang sarjana teknik industri adalah mampu membuat perencanaan, oprasional, mengontrol dan mengoptimalkan proses dalam segala sistem terutama sistem produksi. Kepakaran selanjutnya dari seorang teknik industri adalah mampu memecahkan permasalah yang terkait dalam pekerjaan. Seorang sarjana teknik industri juga mampu menentukan suatu analisis kelayakan pabrik dan seorang sarjana teknik industri juga mampu melihat peluang yang baik dimasa mendatang.

  1. Tuliskan karakter-karakter tidak ber-etika dalam kehidupan sehari-hari ( beri 5 contoh dan analisis)

Jawab:

  • Karakter angkuh, merupakan karakter yang mencerminkan seseorang yang tidak peduli dengan orang lain yang ada disekitarnya.
  • Karakter egois, merupakan karakter yang mencerminkan seseorang lebih mementingkan dirinya sendiri dan tidak mau dengan apa pendapat orang lain.
  • Karakter pembohong, merupakan karakter yang mencerminkan bahwa orang tersebut tidak dapat menepati janji yang telah dia katakan.
  • Karakter menggunjing orang lain, merupakan karakter yang mencerminkan seseorang yang suka membicarakan keburukan orang lain, namun belum tentu yang dia bicarakan benar apa adanya.
  • Karakter pemarah, merupakan karakter yang mecerminkan tempramen seseorang
  1. Tuliskan aktivitas tidak ber-etika professional dalam bekerja (beri 5 contoh dan analisis)

Jawab:

  • Tidak menghargai waktu merupakan pekerja yang beretika profesional akan menghargai waktu kerja yang diberikan perusahaan. Salah satu contoh tindakan tidak beretika profesional dalam bekerja yaitu memperpanjang jam istirahat diluar waktu yang ditentukan sehingga dapat mengurangi waktu bekerja.
  • Melakukan KKN (korupsi kolusi nepotisme) merupakan tindakan yang dapat merugikan masyarakat, perusahaan bahkan negara. Contoh dari tindakan KKN antara lain melebihkan anggaran pembelian bahan baku untuk keperluan pribadi, menyuap atasan agar diikutsertakan dalam promosi kenaikan jabatan, mempekerjakan seorang yang memiliki hubungan pribadi tanpa syarat atau ketentuan yang ada, dll.
  • Mengambil atau mencuri barang perusahaan

Karyawan atau pekerja biasanya sering menganggap sepeleh kegiatan yang sering dilakukan seperti membawa pulang barang reject yang dihasilkan perusahaan. Hal ini sangat merugikan perusahaan karena barang reject saja dicuri apalagi barang yang tidak reject sehingga kegiatan seperti ini sangat dilarang oleh perusahaan

  • Memberikan keterangan palsu saat ingin izin cuti

Seorang yang professional dalam bekerja tidak akan melakukan hal tersebut karena hal tersebut sama saja membohongi dan merugikan dirinya sendiri.

  • Melupakan tanggung jawab kerja dengan bermain game atau tidur saat jam kerja, aktifitas yang sangat tidak disukai pimpinan karena menghambat kinerja kerja sehingga tidak produktif.
  1. Berikan contoh profesi yang sesuai untuk sarjana teknik industri, serta jelaskan jobdesknya?

Jawab:

Profesi yang sesuai untuk sarjana teknik industri adalah menjadi seorang manajer produksi, yang dapat mengatur jalananya proses produksi. Manajer qc yang mengatur kualitas produk agar tidak terjadi kecacatan pada prodduk yang dihasilkan.

 

sumber :

http://www.ie.ui.ac.id

http://www.iienet.org

https://books.google.co.id/books?id=77MC3MT-8fQC&pg=PA204&lpg=PA204&dq=karakteristik+beretika&source=bl&ots=qjx619aUgV&sig=AhmnEQqik-mJj_GCAqvGSAIcUjs&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=karakteristik%20beretika&f=false

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s